Review Materi Kuliah Pengantar Komputer Pertemuan Kedua: Jaringan Komputer


Sumber: http://dmyku.blogspot.com/2017/11/jaringan-komputer-dalam-kehidupan.html


Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh
Halo teman-teman, kembali lagi dengan saya, yang akan menyampaikan review materi kuliah Pengantar Komputer Pertemuan Kedua. Kali ini materi yang disampaikan oleh dosen saya adalah tentang jaringan komputer.


Topologi Jaringan Komputer

Topologi jaringan komputer dibagi menjadi tiga yaitu:

1. Topologi Bus
Tersusun rapi seperti antrian, hanya menggunakan satu kabel coaxial dan setiap komputer terhubung ke kabel menggunakan konektor BNC, serta kedua ujung dari kabel coaxial harus diakhiri oleh terminator.


Sumber: http://pangeranarti.blogspot.com/2015/11/pengertian-topologi-bus-beserta.html

2. Topologi Star
Topologi ini berbentuk seperti bintang karena semua komputer di hubungkan ke sebuah hub atau switch dengan kabel UTP, sehingga hub/switch lah pusat dari jaringan dan bertugas untuk mengontrol lalu lintas data, jadi jika komputer 1 ingin mengirim data ke komputer 4, data akan dikirim ke switch dan langsung di kirimkan ke komputer tujuan tanpa melewati komputer lain. Topologi jaringan komputer inilah yang paling banyak digunakan sekarang karena kelebihannya lebih banyak.


Sumber: http://hasanaji.blogspot.com/2013/05/tentang-jaringan-topologi-star.html


3. Topologi Ring
Setiap komputer di hubungkan dengan komputer lain dan seterusnya sampai kembali lagi ke komputer pertama, dan membentuk lingkaran sehingga disebut ring, topologi ini berkomunikasi menggunakan data token untuk mengontrol hak akses komputer untuk menerima data, misalnya komputer 1 akan mengirim file ke komputer 4, maka data akan melewati komputer 2 dan 3 sampai di terima oleh komputer 4.



Sumber: http://www.adalahcara.com/2014/09/macam-pengertian-topologi-jaringan-komputer.html?m=1



Protocol TCP/IP
TCP/IP adalah sebuah perangkat lunak jaringan komputer yang terdapat dalam satu sistem dan memungkinkan komputer satu dengan komputer lain dapat mentransfer data dalam satu grup network/jaringan. TCP singkatan dari Transmission Control Protocol dan IP singkatan dari Internet Protocol. TCP/IP menjadi satu nama karena fungsinya selalu bergandengan satu sama lain dalam komunikasi data.


Macam Jaringan Komputer Menurut Jangkauan Wilayah

  1. LAN (Local Area Network)
LAN adalah suatu jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah lokal.LAN dapat menghubungkan sebuah perangkat ke internet dengan menggunakan berbagai perangkat jaringan yang cukup sederhana. Seperti hanya dengan menggunakan kabel UTP (Unshielded Twisted-Pair), Hub, Switch, Router, dan lain sebagainya.

  1. MAN (Metropolitan Area Network)
MAN adalah jenis jaringan komputer yang dapat mencakup area yang lebih luas dan menggunakan teknologi yang lebih canggih dari jaringan komputer berjenis LAN.

  1. WAN (Wide Area Network)
WAN adalah salah satu jenis jaringan komputer yang mencakup wilayah super luas dan menggunakan teknologi yang super canggih apabila dibandingkan dengan jaringan LAN maupun MAN.



 Sumber:
  • Materi yang disampaikan Ibu Dosen Pengantar Komputer
  • http://www.adalahcara.com/2014/09/macam-pengertian-topologi-jaringan-komputer.html?m=1
  • http://hardiyanto-nugroho.blog.ugm.ac.id/2013/02/27/pengertian-dan-fungsi-tcpip-dalam-jaringan-komputer/
  • https://www.google.co.id/amp/s/www.indoworx.com/apa-itu-lan-man-wan/amp/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Materi Database

Reviu: QUERY???